Berita Utama

Tiga Kapal Penumpang Pelni Cabang Merauke Gantian Naik Docking

Merauke - Tiga Kapal Pelni Cabang Merauke secara bergantian akan naik dok atau docking guna dilakukan perawatan atau perbaikan fisik maupun kelengkapan administrasi. 

Kepala Pelni Merauke, Agus Herianta menuturkan, KM Tatamailau masuk session pertama untuk naik dok. Berikut menyusul KM Leuser pada 26 Februari ini sampai 13 Maret nanti dan diikuti KM Sirimau. 

Masa pemeliharaan atau perbaikan kapal rutin dilakukan setiap tahun guna mengantisipasi masa peak session atau puncak masa liburan sehingga kondisi kapal layak melaut. 

"Untuk dockingnya dilakukan secara bergantian, baik perbaikan fisik kapal ada administrasi perizinan di Surabaya," ucap Agus, Rabu (22/2/2023). 

Sebagai pejabat baru menggantikan pimpinan Pelni sebelumnya yakni I Komang Budi, ia komitmen memberikan kontribusi besar kepada masyarakat dalam pelayanan dan peningkatan kemanan. Selain itu, mencapai target mendapatkan sebagaimana yang diamanatkan perusahaan bekerjasama dengan stakeholder terkait. 

Ketertiban pelabuhan menjadi catatan untuk diperhatikan ke depan agar tidak semua orang yang bukan penumpang bebas masuk di area pelabuhan. Para pekerja tenaga bongkar muat (TKBM) juga perlu evaluasi agar tidak ada lagi yang bekerja dalam kondisi beralkohol atau mabuk, sebab mengancam petugas lainnya maupun masyarakat penumpang kapal. 

"Tentunya kami akan berkoordinasi dengan KSOP, Pelindo dan stakeholder lainnya, sebab ada yang bukan ranah kami dan kita butuh kerja sama," tandas Agus.(Get)