Berita Utama

Lanud DMA Bagikan Bibit Palawija Kepada Kelompok Tani OAP

Merauke - Lanud Johanes Abraham Dimara menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pembagian bibit palawija kepada kelompok tani di Kelurahan Rimba Jaya Kabupaten Merauke, Papua Selatan. 

Kegiatan ini dalam rangka Hari Bakti TNI AU ke 76 tahun 2023 dan sebagai wujud kepedulian TNI AU kepada kelompok tani orang asli Papua (OAP) dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan menyerahkan bibit tanaman palawija, tanki speaker dan pupuk organik. 

Penyerahan bantuan tank sprayer kepada kelompok tani palawija Rimba Jaya Merauke.

"Harapan kami, dengan kegiatan ini petani lebih mengoptimalkan segala sumber daya alam dan lahan yang ada di sekitar untuk dapat menambah nilai produktif dan inovatif guna menciptakan ketahanan pangan keluarga," ucap Kepala Dinas Operasi Lanud JA Dimara Letkol (Sus) Irvan Setiawan membacakan sambutan Danlanud DMA Kolonel (Pnb) Onesmus Gede Rai Hariadi, Jumat (7/7/2023).

Tema Hari Bakti TNI ke 76 tahun ini adalah dengan semangat jiwa patriot hari bakti 29 Juli 1947, TNI AU bertekad untuk semakin profesional, modern dan tangguh sebagai TNI AU yang disegani di kawasan. Berdasarkan teman tersebut Lanud JA Dimara mempunyai program untuk mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan dan lingkup lokal dengan membuat beberapa program, salah satunya melaksanakan kegiatan ketahanan pangan dan pemberian bibit palawija. 

Kegiatan lain juga dilakukan berupa bakti sosial kesehatan berupa donor darah, sunatan massal, dan penyuluhan stunting. Sedangkan untuk kegiatan karya bakti Lanud laksanakan renovasi Masjid Pondok Pesantren Darut Tauhid Neto, renovasi gereja di kampung Ivimahad Salor dan pembersihan atau pengecatan tugu Sota serta akan dilaksanakan ziarah rombongan kemudian puncaknya dilaksankan 29 Juli mendatang.

Penanaman bibit palawija di lahan sekitar Base Ops Lanud DMA.

Mewakili Dinas Pertanian Provinsi Papua, Fabianus Dewa Ruci mengapresiasi kegiatan TNI AU dalam mendukung petani Rimba Jaya lebih maju dan berkembang serta mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Selain itu, hasilnya juga dapat dijual untuk peningkatan ekonomi keluarga petani. 

Usai penyerahan bantuan dan penyuluhan dilanjutkan dengan penanaman bibit sayuran di lahan sekitar Base Ops Lanud DMA.(Get)