Berita Utama

Pekan Olahraga Pelajar SMA/SMK Papua Selatan 2024 Dilaunching

Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (PAPOPSI) Papua selatan, Soleman Jambormias melaunching Pekan Olahraga Papua (POP) SMA/SMA se- Papua Selatan tahun 2024 di Taman Mandala Merauke, Sabtu (20/4).

Pekan Olahraga Pelajar ini sebagai iven perdana yang diselenggarakan setalah Papua Selatan dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Tujuannya sebagai sarana evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah Papua Selatan menuju Pra Popnas tahun 2024 dan Popnas tahun 2025

Sebagai babak kualifikasi 8 (delapan) cabang olahraga untuk mengikuti Pra POPNAS tahun 2024 dan POPNAS XVII tahun 2025 dan sebagai media untuk memupuk, memelihara dan menggalang persatuan dan kesatuan pelajar.

Launcing Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar (POP) SMA/SMK Papua Selatan 2024 di Mandala Merauke. 

Sebelum launching diawali dengan jalan santai star depan Kantor Gubernur Provinsi Papua Selatan dilepas Sekda PPS Maddaremmeng finish di Taman Mandala Merauke. 

Ketua Panitia POP Mozes Maniagasi menyampaikan POP perdana ini sebagai ajang seleksi untuk mengikuti Pra Popnas di Ternate. Jumlah peserta POP untuk Merauke 725, Asmat 42, Mappi 53 dan Boven Digoel 121 total 903 orang. Total keseluruhan sekitar 1000 lebih ditambah yang belum tiba di Merauke dengan waktu pelaksanaan berlangsung 22 April sampai 1 Mei 2024. Mempertandingkan 8 Cabang Olahraga (Cabor) yaitu bulu tangkis putra putri, bola voli putra putri, tenis lapangan putra putri, tinju putra putri, bola basket putra putri, sepak bola putra dan sepak takraw putra. Diikuti pelajar SMA/SMK dari empat kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel

Sekda Papua Selatan, Maddaremmeng didampingi panitia melepas jalan santai. 

Mewakili Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, Kadispora sekaligus Ketua BAPOPSI Papua Selatan Soleman Jambormias menyampaikan dalam sejarah belum pernah ada pelaksanan POP se-Papua. Papua Selatan sebagai provinsi baru dan pertama menyelenggarakan dengan tujuan menjalin persaudaraan sejati untuk semua pelajar di Papua Selatan dan yang utama punya komitmen dalam memajukan olahraga dan bisa tampil di tingkat nasional. 

"Hasil POP akan melahirkan atlet yang siap kita bawa ke pra Popnas di Ternate kemudian lanjut ikuti pelaksana Popnas di NTT 2025," ucap Soleman. 

Untuk itu, atlet berprestasi dalan POP akan dibina lebih lanjut dengan menitipkan di sekolah SMA/SMK yang ada di Kota Merauke guna mempersiapkan mengikuti pra Popnas dan Popnas nanti. Soleman menambahkan, iven POP akan rutin dilaksanakan dengan bergilir di kabupaten lain, dan Kabupaten Asmat akan menjadi tuan rumah iven berikutnya. 

"Mari kita jaga keamanan, sportifitas, siap menerima kekalahan atau kemenangan. Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan guru dan kepala sekolah yang sudah mengirimkan pelajarnya untuk ikut POP 2024. Mari kita tingkatkan olahraga sebagai wahana pemersatu kita dalam membangun Papua Selatan yang lebih baik ke depan," pungkas Soleman.(Get)