Berita Utama

Bupati Mappi Pimpin Pembukaan TMMD Di Kampung Bifo

Bupati Mappi, Cristosimus Y. Agawemu secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-103 Kodim 1707/Merauke di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi.
 
TMMD kali ini mengusung tema 'TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera dan Demokrasi'. Pelaksanaan TMMD ke-103 tahun 2018 merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dan TNI untuk Masyarakat dalam menyediakan tempat tinggal layak huni.
 
"Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI dalam pembangunan rumah saat ini dan kami akan berkoordinasi dengan TNI untuk membuat karya bakti yang berskala besar diseluruh Distrik yang ada diwilayah Mappi," ucap Bupati Mappi dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan, Senin (15/10).
 
Kesempatan itu, masyarakat diajak ikut berperan memberikan dukungan terhadap semua program pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi  dan program lainnya kerjasama dengan TNI dalam kegiatan TMMD di wilayah Mappi.
 
"Mari kita sama-sama menjaga para pendidik yang kami kirim di sini, untuk mendidik anak-anak sebagai generasi penerus kita. Supaya mereka memiliki pengetahuan yang luas sepeti di daerah lain," ajak bupati.
 
Selain itu, warga dihimbau tetap menjaga kebersihan pribadi, lingkungan tempat tinggal dan kebersihan kampung. Hal ini disampaikan agar warga terhindar dari berbagai serangan penyakit. 
 
Salah seorang warga yang rumahnya akan dibangun dalam program TMMD, Mika Tagi mengaku sangat senang dengan program tersebut. Katanya, ia bersama keluarganya sudah lama tinggal dan berteduh di gubuk sederhana dan darurat.
 
"Saya dan keluarga bertahan tinggal dirumah yang terbuat dari batang kayu dan beratapkan anyaman daun sagu. Saat musim hujan atap bocor dan dalam rumah menjadi basah," keluhnya.
 
Kehadiran prajurit TNI melalui TMMD menurutnya akan sangat membantu warga dan akan membawa perubahan wajah kampung dengan dibangunnya rumah layak huni. (geet)