Berita Utama

Bupati Tinjau Tugu Libra dan Landscape Sekitarnya

Merauke - Renovasi Tugu Lingkaran Brawijaya (Libra) yang merupakan ikon Kota Merauke sudah hampir rampung dibangun. 

Konstruksi bangunan diubah sehingga lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Pembangunan masih dilanjutkan dengan pemagaran keliling supaya tidak ada lagi anak-anak yang bermain atau berenang di kolam pancuran. 

"Sehingga anak-anak tidak mandi-mandi, jangan sampai mereka tersengat listrik," ujar Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Selasa (7/2/2023), saat melakukan peninjauan sekitar bangunan Libra. 

Bupati Merauke didampingi beberapa Pimpinan OPD meninjau bangunan Tugu Libra dan Landscape

Bentang lahan atau landscape sekitar Libra juga ditinjau mulai dari tata letak taman, sistem penerangan pada malam hari, penghijauan, aliran pembuangan air dan ruang kuliner yang dibangun sepanjang bahu jalan. 

Tujuannya, penataan wajah Kota Merauke semakin baik dan ada tempat yang layak bagi para pedagang kuliner di Jalan Parako. Selain itu, kata Romanus, ke depan, akan ada car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Brawijaya. 

"Kita lagi coba desain, pelan-pelan kita benahi persyaratan ruang yang ada komunikasi semua pihak terkait agar Merauke semakin lama semakin baik," tandas Romanus. 

Mobil dan truk yang mengantri BBM sepanjang jalan juga akan ditertibkan, saat pembelian wajib menggunakan QR Code kupon supaya terjadi keadilan dan menekan penyalahgunaan BBM subsidi.

Kendaraan yang berjajar di pinggiran jalan sangat mengganggu pandangan dan membuat ruas jalan menjadi sempit. Kondisi ini berpotensi pada kecelakaan bagi pengguna jalan. Untuk itu perlu kebijakan dari Pemkab setempat bekerjasama dengan Pertamina dengan menerapkan QR Code kupon pembelian BBM. (Get)