Berita Utama

Musim Pancaroba Mendatangkan Berbagai Penyakit

Merauke - Perlu diwaspadai bahwa di musim pancaroba seperti sekarang ini, dikhawatirkan akan muncul berbagai penyakit. 

Di antaranya, penyakit demam berdarah, diare dan malaria. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita menyebut di Merauke sudah ditemukan penyakit malaria di daerah Kelurahan Mandala, Kumbe dan beberapa titik lainnya. 

"Curah hujan cukup tinggi, tentu saja genangan air ada di mana-mana dan akan menyebabkan perkembangbiakan nyamuk cukup banyak sehingga populasi nyamuk meningkat termasuk nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah," terang Nevile, Senin (22/5/2023). 

Dinkes sudah tindaklanjuti melakukan fogging di beberapa titik tersebut dalam rangka menekan peningkatan kasus. Namun, masyarakat harus bisa menjaga kesehatan dengan membersihkan lingkungan, dan menerapkan tiga M yakni menguras, menutup tempat penampungan air dan mengubur tempat atau kaleng bekas yang tidak diperlukan. 

Kadinkes juga mengajak masyarakat segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat jika merasakan demam. Dengan penanganan lebih cepat dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(Get)