Berita Utama

Hadiri Rangkaian GPM, Romanus Sebut Pangan Merauke Masih Aman

Merauke - Bupati Merauke Romanus Mbaraka menghadiri rangkaian Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Merauke, Senin (26/6/2023). 

Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional dimaksudkan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan jelang Idul Adha 2023 yang digagas oleh Badan Pangan Nasional dan dilaunching oleh Mendagri Tito Karnavian yang diikuti secara virtual. 

Virtual gerakan pangan murah nasional.

Bupati Merauke menyebut, saat ini Indonesia lagi giat mempertahankan kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat. Upaya pemerintahan adalah mengendalikan ketersediaan pangan dan menekan laju inflasi daerah maupun inflasi nasional. Khusus di Papua Selatan ada beberapa hal yang mesti dijaga yaitu produksi pangan di tingkat petani tetap aman, mengawasi harga pasar, dan memastikan kelancaran pendistribusian. 

"Kita bersyukur di Merauke pangan masih terkendali. Kita perlu kerjasama agar Merauke tetap aman dalam hal pangan, dan kita perlu pendekatan melalui pemberdayaan masyarakat. Selain kecukupan pangan juga diimbangi dengan peningkatan pendapatan bagi petani," kata Bupati Merauke dalam arahannya di sela kegiatan tersebut. 

Tinjauan stand pangan murah di Halaman Kantor Bupati Merauke.

Launching Gerakan Pangan Murah di Merauke diikuti perwakilan pejabat terkait baik dari Pemerintah Provinsi Papua Selatan, dari kabupaten, pimpinan TNI dan Polri, Bulog Merauke dan para distributor pangan daerah selatan. 

Kesempatan itu Bupati Merauke sekaligus launching aplikasi sistem informasi pangan daerah, selanjutnya masyarakat terutama petani dapat mengakses informasi harga pasar dan ketersediaan pangan di wilayah setempat.(Get)