Berita Utama

Warga Jalan Ternate Merauke Kecewa Pengerjaan Jalan Tidak Sesuai Spek

Merauke - Belum sampai satu tahun dikerjakan, kondisi jalan di RT. 01 dan RT. 07 Jalan Ternate, Kelurahan Karang Indah Merauke sudah mengalami kerusakan. 

Warga setempat mengaku sangat kecewa dengan konstruksi jalan yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) pada 2022 itu tidak sesuai spek sehingga belum lama dipakai sudah berlubang dan menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan. 

"Yang kami sesalkan, kualitas jalan yang dibuat tidak kuat. Kalau dibandingkan dengan jalan lama yang dibangun sebelumnya masih lebih kuat," terang Ketua RT.01 RW 02 Veronika Konam, Senin (17/7/2023).

Sementara salah satu warga, Sumardi warga RT 07 mengatakan, dari teknik pengerjaannya dibangun spot-spot, kondisinya tidak rata, dan kontur jalannya sebagian seperti anak tangga. Kondisi inilah yang menyebabkan kecelakaan terutama pada malam hari, ditambah lagi tidak adanya penerangan di sepanjang jalan tersebut.

"Kalau kita lihat dari kerusakan yang ada, kemungkinan takaran campurannya yang tidak kuat atau tidak sesuai. Selain itu, tebal tipisnya tidak seimbang," ujar Sumardi. 

Pihaknya juga meragukan pengawasan dari pihak konsultan saat pengerjaan dilakukan. Untuk itu sangat diharapkan setiap pekerjaan infrastruktur jalan penting bagi pengawas memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan sesuai spek.

"Kita masyarakat sudah dituntut untuk bayar pajak tetapi pembangunan jalan yang kita dapatkan tidak bertahan lama. Jujur kami sangat kecewa," ungkapnya lagi. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Merauke, Leo Patria Mogot

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kabupaten Merauke, Leo Patria Mogot menyampaikan, pihaknya akan menindaklanjuti keluhan tersebut dengan meminta kepada pihak kontraktor untuk melakukan pemeliharaan. 

Faktor yang juga mempengaruhi kerusakan jalan adalah, pada saat pengerjaan dilakukan, pengguna jalan tidak sabar untuk menunggu sampai benar-benar dapat dilalui. Selain itu, tidak bisa dibuat jalan darurat karen samping kiri dan kanan sudah ada got. 

"Terimakasih atas masukannya, dan ini menjadi bahan evaluasi kami kepada para kontraktor agar lebih memperhatikan kualitas bangunan," ucap Leo.(Get)