Berita Utama

Jefri Rapar Terpilih Sebagai Ketua Umum Perbasi PPS

Merauke - Jefri M Rapar terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) PPS periode 2023-2028)

Pemilihan berlangsung secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi 1 Perbasi Papua Selatan, pada Kamis (11/5/2023) di Swiss-belhotel Merauke.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada bapak ibu sekalian yang mempercayai saya untuk memimpin Perbasi selama lima tahun ke depan. Saya mohon kerjasama serta dukungannya untuk kita menghidupkan kembali Perbasi di Selatan," ujar Jefri dalam sambutannya. 

Musprov Perbasi dibuka Ketua Harian KONI PPS Soleman Jambormias dihadiri Ketua Harian lll Jefrrey Reynold dan Sekretaris KONI, Antonio L Ohoitimur sekaligus mengesahkan pengurus terpilih. 

Penyerahan berita acara pengesahan pengurus Perbasi PPS.

Hampir di setiap kesempatan, Soleman Jambormias menerangkan bahwa KONI Papua Selatan diberikan diskresi untuk mempersiapkan diri mengikuti PON di Aceh dan Sumut, Medan tanpa melalui para PON. Namun yang diikutkan khusus untuk olahraga perorangan sementara olahraga beregu belum diberikan kesempatan.

"KONI PPS Dibentuk tanpa melalui AD/ART karena instruktur khusus Presiden. Maka kita juga membentuk pengurus cabang olahraga provinsi juga bisa sesuai AD/ART, bisa tidak. Karena kita mempercepat, sebelum tanggal 30 Mei semua sudah terbentuk," tandas Soleman. 

Khusus olahraga basket sudah sangat familiar pada tahun 2005, namun dalam perjalanan waktu basketball disebutnya mati. Dengan terbentuknya Perbasi PPS, bola basket kembali digemakan dan menjaring lebih banyak peminat. 

Ketua Harian KONI PPS Soleman Jambormias buka Musprov 1 Perbasi.

"Tahun depan kita akan membangun lapangan basket, supaya masyarakat mulai berolahraga basket. Kita berharap setelah diberikan mulai bangkit, buat pertandingan yang hebat, bila perlu bikin kejuaraan nasional basket di selatan, kita siap biayai."

"Kita mau selain kita prestasi tapi menjadi rekreasi untuk mendukung pariwisata. Dalam program Dispora, setiap bulan harus ada ivent di Merauke dengan tujuan uang berputar di Papua Selatan," tutur dia. 

Bulan Oktober akan dilaksanakan Proprov 1 dan bola basket masuk dalam ivent tersebut. Momen ini sekaligus memperingati HUT 1 PPS. "Kita kasi 1 club, masing-masing 10 bola. Tahun depan DBL untuk Papua diselenggarakan di Kabupaten Merauke," sebut Soleman.(Get)